
Hari ketiga Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMK Negeri 1 Bukateja berlangsung dengan penuh semangat dan inovasi. Setelah dua hari pertama yang penuh dengan pengenalan administrasi dan materi dasar, hari ketiga difokuskan pada kegiatan yang lebih interaktif dan kreatif, bertujuan untuk membangun kekompakan serta keterampilan kolaborasi di kalangan siswa baru.
Pembukaan Hari Ketiga
Kegiatan dimulai dengan Apel pembukaan yang dihadiri oleh kepala sekolah, guru, serta seluruh siswa baru. Dalam sambutannya, Kepala SMK Negeri 1 Bukateja, Bapak , Hadi Gunawan, S.Pd selaku waka kesiswaan berkata ” menekankan pentingnya kreativitas dan kerja sama dalam proses pembelajaran. “MPLS hari ini adalah kesempatan untuk lebih mengenal satu sama lain dan belajar bagaimana berkolaborasi dalam berbagai situasi,” ujarnya.
Workshop Kreativitas
Setelah Apel Pembukaan pembukaan, siswa baru dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengikuti workshop kreativitas. Kegiatan ini meliputi berbagai macam tantangan seperti pembuatan poster kreatif, desain logo kelas, dan presentasi ide inovatif. Para siswa diajak untuk berpikir di luar kotak dan mengembangkan kemampuan komunikasi serta presentasi mereka.
Setiap kelompok diharuskan untuk menghasilkan karya yang mewakili identitas mereka sebagai kelas baru di SMK Negeri 1 Bukateja. Para mentor dan guru memberikan bimbingan, tetapi siswa diberi kebebasan penuh dalam mengekspresikan ide-ide mereka.
Lomba Kolaborasi
Sesi berikutnya adalah lomba kolaborasi, di mana siswa dihadapkan pada berbagai tantangan yang memerlukan kerja sama tim. Tantangan ini termasuk permainan tim, puzzle, dan aktivitas fisik yang dirancang untuk menguji kemampuan mereka dalam bekerja sama, berbagi ide, dan menyelesaikan masalah secara efektif. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk membangun semangat tim, tetapi juga untuk memecahkan kebekuan di antara siswa baru dan membangun hubungan yang solid.
Pengenalan Ekstrakurikuler
Di akhir hari, siswa baru diberikan kesempatan untuk mengenal berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia di sekolah. Dari klub seni, olahraga, hingga organisasi siswa, para siswa diberikan informasi tentang manfaat masing-masing kegiatan dan bagaimana bergabung. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa menemukan minat mereka dan mendorong mereka untuk terlibat dalam kegiatan di luar kelas.
Penutup
Hari ketiga MPLS di SMK Negeri 1 Bukateja ditutup dengan sesi refleksi di mana siswa dibagi dalam kelompok kecil untuk berdiskusi tentang pengalaman mereka selama tiga hari tersebut. Diskusi ini membantu siswa mengungkapkan pendapat mereka, saling berbagi pengalaman, dan merencanakan langkah selanjutnya dalam perjalanan mereka di sekolah.
Dengan beragam kegiatan yang memacu kreativitas dan semangat kolaborasi, hari ketiga MPLS di SMK Negeri 1 Bukateja berhasil menciptakan suasana yang mendukung pertumbuhan pribadi dan sosial siswa baru. Semangat positif dan energi yang dibangun di hari ketiga diharapkan akan terus berlanjut sepanjang tahun ajaran, mendukung siswa dalam mencapai kesuksesan akademik dan pribadi mereka.