SIMULASI II UJIAN NASIONAL SMK NEGERI 1 BUKATEJA TAHUN 2016/2017

  • 0

SIMULASI II UJIAN NASIONAL SMK NEGERI 1 BUKATEJA TAHUN 2016/2017

Category : Uncategorized

UNBKUjian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

SMK Negeri 1 Bukateja sebagai salah satu SMK yang telah menyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) selama 3 kali berturut-turut mulai tahun pelajaran 2013/2014; tahun pelajaran 2015/2016; dan tahun pelajaran 2016/2017. Sebagai sekolah yang telah menyelenggarakan kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), SMK Negeri 1 Bukateja telah mendapatkan Piagam Penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Sekolah Penyelenggara UNBK dengan Indeks Integritas Tinggi. Hal ini merupakan buah pencapaian dari kesungguhan dan keseriusan seluruh pihak sekolah dalam melaksanakan kegiatan UNBK.

Pada tahun pelajaran 2016/2017, SMK Negeri 1 Bukateja “kembali” melaksanakan kegiatan Ujian Nasional dengan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) atau disebut juga Ujian Berbasis Komputer (UBK). Jumlah siswa kelas XII yang terdaftar sebagai peserta ujian nasional sejumlah 506 siswa. Dengan jumlah siswa sejumlah tersebut, dapat melaksanakan UN-CBT ke dalam 3 sesi yang tersebar dalam 6 Ruang Ujian (6 Lab Komputer).

SMK Negeri 1 Bukateja juga menjadi induk tempat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk siswa-siswi tingkat SMP. Adapun jumlah siswa SMP yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer yang menginduk di SMK Negeri 1 Bukateja sejumlah 452 siswa.

Dalam rangka persiapan kegiatan ujian nasional berbasis komputer, sesuai dengan agenda kegiatan yang diprogramkan oleh Puspendik Kemdikbud, bahwa sebelum dilaksanakannya kegiatan Ujian Nasional maka harus dilaksanakan kegiatan SIMULASI UJIAN NASIONAL. Oleh karenanya SMK Negeri 1 Bukateja mulai tanggal 13 – 14 Februari melaksanakan kegiatan SIMULASI II UJIAN NASIONAL.

Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan simulasi tersebut dapat menguatkan kesiapan baik dari infrastruktur, maupun kesiapan siswa dalam menghadapi kegiatan Ujian Nasional sesungguhnya yang akan diselenggarakan pada bulan April mendatang.

 


Leave a Reply